Langsung ke konten utama

Info Harga Sewa Gedung Pernikahan (Venue for Wedding Package) di Semarang

Halo, semuanya...

Lokasi Alam Indah Resto - dok. pribadi

Jumat ini rasanya saya agak buntu ingin menulis apa. Akhirnya saya membuka sebuah forum pertanyaan di IG Story untuk mencari inspirasi, kira-kira tema apa yang menarik untuk saya ulas di blog pekan ini.

Beberapa merekomendasikan untuk menulis hal-hal yang sifatnya personal. Ada juga yang menyarankan saya untuk menulis beberapa tema terkait masalah psikologi (mungkin karena dua buku yang saya tulis isu sentralnya psikologi populer ya hehe).

Tapi, akhirnya hati saya kok malah condong menulis ini... Hehehe...

Sekalian sharing saja sih. Saya memang sedang mempersiapkan pernikahan. Pun, untuk urusan perkuliahan, saya kebetulan juga concern untuk meneliti dunia industri pernikahan. Jadi, ya sekali tepuk bolehlah 3-4 urusan bisa diselesaikan. Mohon doanya ya semoga semuanya lancar dan segala sesuatunya dipermudah.

Semoga juga nggak ada yang julid doain yang jelek-jelek.. hihi ups... *istighfar*

Jadi di sini, saya akan berbagi info sederhana saja untuk teman-teman yang hendak mengadakan resepsi pernikahan di Kota Semarang, saya akan berbagi info soal harga dan bagaimana caranya untuk booking di sana.

Tapi sebelumnya mohon maaf kalau apa yang saya bagikan di sini hanya beberapa venue saja yang memang sudah saya survei langsung. Mohon maaf juga kalau tidak semuanya saya memasukkan banyak konten visual. Soalnya awalnya nggak niat buat konten blog sih... hehe

Ya, biar kalian ke sana juga buat survei langsung. Soalnya, saya juga nggak kepengen memediasi penilaian subjektif saya melalui mata kamera yang saya pakai (itu pun dengan kemampuan fotografi saya yang masih emyeh-emyeh... hehe).

So, let's start...

1. Gedung BPSDMD Provinsi Jawa Tengah (a.k.a Gedung Diklat)
Lokasinya ada di daerah Srondol, Banyumanik, Semarang. Alamatnya: Jalan Setiabudi No, 201 A Semarang.

Saya sudah 2-3 kali dapat undangan pernikahan di sana. Karena lokasinya masih terjangkau dari rumah saya, akhirnya saya mencoba untuk tanya ke teman-teman yang kemarin menggelar hajatannya di sana.

Sesuai informasi, harga sewanya Rp 7.500.000,00 dengan kapasitas gedung sekitar 600-700 orang untuk standing party. Lumayan kan? Parkirnya juga luas. Jadi insya Allah nyaman.

Asiknya lagi, informasi penyewaan bisa diakses via daring melalui laman berikut: http://infosewa.bpsdmd.jatengprov.go.id/

Kalian bisa melihat apakah jadwal yang kalian rencanakan gunakan sudah ada yang memesan atau belum. Nah, kalau belum bisa langsung pesan via daring. Pas hari kerja, langsung ke kantornya deh untuk urusan administrasi.

Sayangnya, karena tanggal yang saya inginkan sudah diisi orang lain, jadi ya... saya nggak meneruskan survei. Tapi, sistem seperti ini sungguh saya apresiasi. Bisa diakses via online, gedungnya representatif, nyaman, dengan harga sewa di bawah 10 juta. Pantesan aja sampe awal 2020 tiap weekend udah full booked. Hihi.

2. Gedung Manunggal Jati
Sama seperti nomor 1, gedung ini milik pemerintah. Bedanya ini milik pemkot. Jadi, kalau mau survei dan ketemu beliau-beliau yang mengurusi perijinan sewa gedung ini, harus pas hari kerja. Lokasinya ada di Jalan Taman Majapahit No. 1 Pedurungan Kidul, Pedurungan, Semarang.

Yang sejak SD sekolahnya Negeri dan praktik renangnya di sini pasti sudah hafal deh lokasinya dimana, hehe.

Kapasitas gedung kurang lebih (ini dugaan saya secara kasar ya) sekitar 500-600 orang. Mungkin lho, ya. Bisa jadi keliru. Maaf ya, soalnya belum nanya-nanya sama bapaknya lebih jauh karena pas saya sebut tanggal, eh ternyata sama kayak yang nomor 1, udah penuh sampe sebelum Ramadhan tahun depan! Hihihi

Ya maklumin aja... harga sewanya juga cukup terjangkau, yaitu di angka Rp 4.200.000,00.

Kebetulan dua kakak saya juga dulu menikahnya di gedung ini. Ya, karena aksesnya gampang dan murah meriah itu tadi. Hehehe. Tapi ya namanya belum rejeki, akhirnya pencarian saya harus berlanjut lagi.

3. Alam Indah Resto
Kalau ini, venue-nya asik banget buat kalian yang suka menikmati lampu kota Semarang dari kacamata Semarang Atas. Syahdu banget deh. Saya pertama kali survei juga langsung jatuh cinta.

dok. pribadi

Lokasinya di daerah Gombel. Tepatnya di Jalan Setiabudi No 12, Ngesrep, Banyumanik, Semarang.

Mereka menawarkan paket pernikahan berupa, paket prasmanan untuk 200 orang, dekorasi, hiburan dengan harga 18.5 juta rupiah (itu harga tahun ini). Jadi, kalau teman-teman nikahnya tahun depan, harganya katanya akan naik sekitar 3juta-an.

Di sini bisa mau dibikin round table atau standing party. Cuma ya... kalau mau pake round table undangannya cuma 100 orang itu tadi. Nggak bisa lebih. Maksimal muat cuma 500 orang. Mentok 600 deh tapi ya... kalau saya pribadi ngeliatnya engep sendiri.

Tempat ini bagusnya untuk private party. Kalau teman-teman ada yang sanggup idealis untuk menggelar acara yang nggak ngundang banyak tamu, intim dan bisa mingle, tempat ini cocok! Cuma kalau, yang.. hmm.. mohon maaf... masih harus nurut orang tua kayak saya ya... hahaha... harus dipikirin ulang.

Cuma hati-hati ya... Tempat ini lokasinya pas tanjakan dan rawan banget kecelakaan. Semoga seluruh tamu undangan bisa diminta waspada untuk masuk keluar lokasi agar berhati-hati supaya selamat dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Gedung Perpustakaan & Office Hall MAJT
Kalau kalian denger lokasi Masjid Agung Jawa Tengah pasti lebih familiar dengan convention hall-nya kan? Nah, di sini saya mau kasih info harga sewa gedung yang ada di sampingnya convention hall itu sendiri.

Nggak kalah bagus, meskipun kapasitasnya jelas tidak sebesar gedung utamanya. Ya, harganya juga jauh lebih murah je. Hehehe.

Kalau convention hall sendiri harga sewanya sekitar 22.5 juta - 25 juta pada hari kerja, dan 27.5 juta - 30 juta saat weekend. Kalau gedung perpusnya (Gedung Sunan Gunung Jati), harga sewanya masih di angka 6-7 juta di hari kerja, dan 8-9 juta di akhir pekan. Kapasitasnya kalau gedung perpus cuma muat 600 orang untuk standing party, dibandingkan dengan gedung utamanya yang bisa nampung 2000 orang untuk standing party, 1500 orang untuk duduk seperti penonton teater, dan 600 orang untuk round table. Mantap ya, bosque? Semantap harganya. hahaha....

Terus, ternyata eh ternyata... masih ada lho satu venue lagi di area MAJT yang juga disewakan untuk hajatan. Namanya Aula/ Gedung Sunan Tembayat a.k.a. Office Hall. Kapasitasnya lho malah lebih gede dari gedung perpustakaan, yaitu muat sampai 700 orang untuk standing party. Harganya malah lebih miring, yaitu di angka 5,5 juta-6,5 juta di hari kerja, dan 7,5-8,5 di akhir pekan.

Kok bisa lebih murah?

Soalnya tempatnya di lantai dua, gaes. Pun kita harus melewati toko-toko herbal segala macem dulu untuk lewat ke tangganya. Jadi, bisa dibilang kurang strategis. Cuma ya... secara kapasitas, bolehlah... Toh, tempatnya juga bukan yang jelek gitu. Pertimbangannya ya itu... kalau tamu undangan kalian banyak yang kasepuhan, yaa... harus dipikir-pikir lagi hehehe.

Oh ya, untuk tempat akad nikah di masjid utama, harga sewa untuk infaqnya ada di angka 1juta untuk hari kerja dan 1,5 juta untuk akhir pekan.

Kalau mau booking di sini, yang gedung perpus/ office hall-nya, saya kemarin hanya diminta DP 1 juta rupiah.

5. Gedung Rimba Graha
Untuk gedung ini lokasinya di pusat kota. Tepatnya di Jalan Pahlawan no 15-17 Semarang. Jejeran sama gedung gubernuran, area simpang lima, jadi ya... harga sewanya sampai di angka 12 juta untuk siang hari dan 14 juta untuk malam hari. Kapasitas gedungnya bisa sampai untuk 750 orang standing party.

Gedung ini milik Perum Perhutani, jadi kalau mau survei juga harus hari kerja ya. Kalau mau booking, diperlukan DP sebesar 3 juta rupiah dan pelunasannya 10 hari sebelum hari H.

Ulasannya nggak bisa banyak nih untuk gedung ini. Soalnya pas saya ke sana, kebetulan sedang dipakai rapat. Ketambah, saya belum pernah dapat undangan nikah di lokasi ini. Jadi, mohon maaf ya kalau infonya cuma segitu aja. Yah... itung-itung biar kalian main ke sana langsung juga lah... Hehehe

Oh ya, sebenarnya keluarga saya kemarin juga survei ke Hotel Grasian dan MG Suites. Tapi ya itu, yang berangkat ke sana kakak-kakak saya. Jadi, saya nggak berani cerita sendiri. Sementara 5 ini dulu ya. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman yang juga sedang survei untuk mempersiapkan pernikahan di Semarang.

P.S. Konten ini bukan konten berbayar/ endorsement. Pun saya nggak punya intensi/ berperan jadi agensi perpanjangan tangan 5 pemilik gedung di atas. Tulisan ini murni saya bikin untuk sharing. Kurang lebihnya mohon maaf. Ambil baik-baiknya aja ya...

Makasi sudah berkunjung... :)





Komentar

  1. Saya tahu bnget ririwehnya nyari gedung buat nikahan. Dulu bahkan sempat hampiiir gak kebagian gedung gara2 nikah di bulan yang musim nikah. Ffuuuh... Perjuangan banget lah.

    Semangat ya mbak nyari gedungnya. Semoga lancar acara nikahannya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mba.. awalnya sempet tantrum juga karena ternyata lumayan bikin pusing. Ketambah saya masih ada tanggung jawab nyelesaikan tesis di Jogja.

      Terima kasih banyak ya mba atas doanya,,

      Hapus
  2. Semoga diberi kemidahan dan kelancaran ya mbak.. Terimakasih atas sharing nya.. Jadi sy bisa ngira2 mau kemana kalau mantu nanti.

    BalasHapus
  3. aku juga ada cerita tentang pernikahan aku nih guys, awalnya aku pikir persiapan pernikahan itu gak rumit, tapi ternyata gak semudah yang ku bayangkan, apalagi aku dan calonku sama-sama sibuk di pekerjaan masing-masing akhirnya kami memutuskan untuk cari venue di daerah jakarta selatan. karena aku tinggal di daerah depok dan calonku tinggal di daerah tangerang, jadi kita putuskan untuk cari lokasi di tengah-tengah yaitu Jakarta selatan. kita memutuskan sama-sama untuk cuti 2 hari untuk menyiapkan semua persiapan pernikahan kita. mulailah kita mencari gedung pernikahan karena aku dan calonku memang prefer untuk menikah di gedung. Satu dan dua hari berlalu belum juga kita mendapatkan gedung yang sesuai keinginan kita, belum lagi kita cari-cari vendor dll. Akhirnya aku dan calonku memutuskan untuk mencari gedung lagi di hari libur, tetapi ternyata byk yang tidak ada stafnya karena mereka libur, aku pun dan calonku hampir hopless karena kita belum juga mendapatkan gedung. Akhirnya kita mampir ke graha elnusa karena kita dengar disana masjid yang bagus dan sekalian kita mau sholat ashar disana, iseng-iseng masuk ke dalam ternyata aku langsung jatuh cinta dengan layoutnya yang unik dan aksesnya yang mudah karena ballroomnya di lobby dan ternyata mereka juga sudah menyiapkan paket pernikahan all in ditambah lagi aku diberikan bonus hooneymoon dan wedding car, alhamdulillah aku merasa sangat terbantu sekali dan aku bersama pasanganku bisa fokus bekerja dan persiapan pernikahanku dibantu oleh tim his graha elnusa, pelayanannya juga oke dan ramah guys, dan pada hari h acara pernikahanku dapat terwujud sesuai dream wedding aku dan dikerjakan sangat profesional sekali dengan tim his graha elnusa. waktu itu aku dibantu oleh mba alvie, ini kontaknya guys 0821.4151.7535/wa 0822.9919.2138. Terima kasih guys.. semoga bermanfaat yah ;)

    BalasHapus
  4. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  5. Halo, kak.
    Di Vina House Semarang juga menyediakan paket wedding murah tapi mewah.
    Selama New Normal ini, paket wedding mulai dari 19jt an aja loh :)

    Cek paketnya di www.vinahouse.co.id ya kak !!!

    BalasHapus
  6. Vina House terletak di Kota Semarang dan dibangun khusus untuk membantu pasangan bahagia yang memilih untuk menikah di Kota Semarang.

    Kami juga memiliki pengalaman dalam merencanakan dan mengadakan berbagai macam, seperti hari pertunangan, hari pernikahan, pesta ulang tahun, atau pertemuan dengan nuansa yang elegant bergaya victorian.

    Info lengkapnya, silahkan kunjungi https://vinahouse.co.id/ :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Suguhan Pernikahan dan Segala Resikonya

Beberapa hari yang lalu, saya merasa tersentil dengan komik singkat karya mas Dody YW yang diunggah melalui fanspage FB-nya " Goresan Dody ". Jujur, saya merasa tersentil sekaligus baper. Memang apa sih isi komiknya? Nih, berikut media komiknya saya lampirkan: Adab Makan sambil Duduk credits: FP Goresan Dody Sebagai individu yang sejak lahir di Semarang sampai lulus SMA, saya memang lebih familiar dengan konsep pernikahan yang menyuguhkan hidangan secara prasmanan. Para tamu disetting untuk antre makanan dan setelah dapat harus berdiri sambil berdesak-desakan untuk makan. Apakah tidak ada kursi? Biasanya ada, tapi jumlahnya hanya 1/10 dari jumlah undangan yang hadir. Berbeda dengan konsep pernikahan yang ada di Solo Raya (Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen), pernikahan dengan cara piring terbang masih mudah untuk ditemui. Meskipun beberapa ada yang sudah beralih dengan menggunakan konsep prasmanan, tetapi piring terbang masih jadi andalan. Pola menuny

Resensi Novel "Heart Emergency"

Judul Buku : Heart Emergency Penulis : Falla Adinda Penerbit : Bukune Sesuai sub judul dari novel ini yang bertuliskan "pahit manis cinta dokter muda" dan berbasis "Personal Literature", novel ini mengisahkan seorang Falla yang saat itu masih menjadi ko-ass di sebuah Rumah Sakit yang letaknya jauh dari tempat tinggalnya, memaksa ia untuk menjalani Long Distance Relationship dengan pacarnya saat itu yang bernama Reza tapi biasa dijuluki dengan sebutan Bul. Falla dan Reza telah menjalin hubungan selama 5 tahun. Namun seiring berjalannya waktu, kesibukan dan beban Falla sebagai ko-ass membuat Reza tidak bisa menerima keluh kesah dari kekasihnya tersebut hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri hubungan kisah cinta mereka yang telah berjalan selama 5 tahun. Sejak saat itu pula Falla menjadi malas dan tidak percaya bahwa Long Distance Relationship itu dapat bertahan lama. Namun keteguhan hati Falla akhirnya luluh saat bertemu Yama. Laki-laki yang